Jumat, 26 Oktober 2007

PENGANTAR SUKSES menjelang dan setelah STUDI

Dalam tes wawancara untuk mencari pekerjaan, pertanyaan “Anda lulusan dari mana ?” sebenarnya hanyalah sebuah basa-basi belaka. Tujuan inti dalam sebuah wawancara adalah pertanyaan “Anda BISA apa?”. “Apa yang BISA anda lakukan mengahadapi persoalan seperti ini?”.

Dengan demikian yang perlu dipersiapkan selama menempuh dunia pendidikan yang perlu disiapkan adalah:
Nilai maksimal; dibuktikan dengan indeks prestasi yang tinggi. Rata-rata nilai raport 8,00 untuk skala 1-10 atau IP minimal 3 untuk skala 1-4.
Kemampuan berorganisasi; dibuktikan dengan aktif berorganisasi baik di dalam atau diluar lingkungan lembaga pendidikan. Lebih afdol jika dapat menduduki suatu jabatan tertentu dalam organisasi atau paling tidak mampu bekerja dalam sebuah organisasi.
Semangat Kompetisi; bersaing secara kuat dan sehat akan selalu meningkatkan standar kompetensi lulusan. Secara aktif selalu memupuk keahlian yang kita punya disbanding orang lain akan meningkatkan daya saing. Pengetahuan bahasa inggris dan computer merupakan suatu yang standar. Kalo bisa juara pemrograman computer atau juara pidato bahasa inggris atau juara yang lain itu baru menunjukkan pembuktian semangat ingin unggul secara tepat. Walaupun juara tadi tidak ada hubungan dengan lapangan pekerjaan terkait tetapi akan sangat membantu. Begitu juga lulus kursus dengan nilai A atau nilai terbaik membuktikan semangat kompetisi yang tinggi.

Tidak ada komentar: