Jumat, 26 Oktober 2007

OBESITAS; Kiat menanggulanginya

Obesita (=kelebihan berat badan) menjadi bom waktu yang setiap saat bisa meledak secara dahsyat. Apabila tidak ditanggulangi akan menjadi sumber dari segala sumber penyakit. Inggris merupakan Negara dengan obesitas tertinggi. Sebanyak 900.000 anak di bawah 11 tahun mengalami obesitas, naik 50 % dari 10 tahun lalu. Di Singapura sudah ada program wajib diet dan wajib diikuti siswa yang mengalami obesitas dengan penambahan jam pejaran diluar jadwal.

Data lain menunjukkan setiap orang Inggris minum 11.37 lioter alcohol dan orang eropa 10.95 liter sehingga kematian akibat alcohol meningkat 200%. Selanjutnya dari 100.000 orang Inggris terdapat 288 orang meninggal akibat ROKOK dan 100.000 orang eropa terdapat 263 oarang tewas akibat ROKOK.
HINDARI DAN JAUHI R-O-K-O-K. bila ingin sehat dan masa hidup bertambah berkah.

Cara menanggulangi obesitas, seperti sabda Nabi SAW, Jangan makan sebelum lapar dan berhentilah makan sebelum kenyang. Perut kita sepertiga berisi air, sepertiga berisi makanan dan sepertiga terakhir berisi udara nafas kita. Sehingga jangan penuhi perut dengan makanan. Makan apa saja boleh kecuali yang dilarang dan INGAT jangan berlebih – lebihan (al Qur an). Saat Nabi SAW di Madinah terdapat pertukaran tenaga, Nabi mengirim tenaga pengajar dan kerajaan lain mengrim dokter (tabib) ke Madinah. Selama 2 tahun dokter di Madinah sama sekali tidak pernah menerima pasien. Dokter bingung bagaimana bisa masyarakat Madinah ini kok tidak pernah sakit sama sekali selama 2 tahun ia bertugas? Jawab Nabi SAW karena masyarakat Madinah TIDAK MAKAN SEBELUM LAPAR DAN BERHENTI MAKAN SEBELUM KENYANG. Sebuah resep yang sangat gampang di ingat tetapi sangat sulit untuk dilaksanakan. Padahal sudah terbukti dan teruji secara klinis bahwa ini benar adanya.

Tidak ada komentar: